4 Error Android Yang Sering Terjadi

Error Android
Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perangkat baru yang bermunculan, sistem operasi baru dan lainnya. Salah satu yang berkembang pesat saat ini adalah sistem operasi Android yang diusung oleh perusahaan teknologi raksasa Google. Seiring Android mendominasi dunia TI, permasalahan Error Android saat ini juga semakin sering terjadi.

Permasalahan Error Android Yang Sering Terjadi ini disebabkan oleh beberapa hal. Seperti pemasangan aplikasi yang berbahaya yang tidak memiliki sertifikasi resmi dari Google, pemakaian pengguna yang kurang baik, pemasangan Custom ROM dan bawaan perangkat itu sendiri.

4 Error Android Yang Sering Terjadi :

1. Hang
Hal ini akan terasa saat memainkan game, melakukan browsing, menonton video dan saat menyalakan fitur kamera. Error Android ini ditandai dengan respon layar yang macet, tombol tidak bisa ditekan dan tidak bisa merespon yang kita jalankan. Jenis error Android seperti ini biasanya disebabkan karena memori RAM dan memori internal pada perangkat yang penuh. Untuk mengatasi masalah error Android ini cukup mudah, dengan menutup paksa aplikasi yang tidak digunakan dan Swap aplikasi yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal.

2. Layar Error
Hampir semua perangkat Android berbentuk layar sentuh. Hal ini juga menyebabkan banyaknya permasalahan Android error banyak terletak pada layar, entah itu layar tidak bisa merespon dan yang lebih parah adalah blank putih. Jika layar masih tampak dan respon saja, bisa dilakukan dengan Factory Reset. Namun jika layar Blank, Anda harus membawanya ke pusat perbaikan karena umumnya permasalahan error Android ini disebabkan oleh konektor LCD yang longgar atau LCD yang memang Error.

3. Bootloop
Permasalahan error Android  ini biasanya ditandai dengan perangkat yang me-restart sendiri secara random atau sulit masuk ke home screen. Jenis permasalah error Android  Bootloop dibagi menjadi tiga jenis kerusakan, diantaranya :
- Soft Bootloop, yang biasanya perangkat bisa masuk ke Home Screen secara normal dan tiba-tiba Restart dalam selang beberapa waktu,
- Medium Bootloop, yang ditandai dengan sulitnya perangkat masuk Home Screen dan berhenti di Boot Animation,
- Hard Bootloop yang ditandai dengan perangkat yang menyala sampai logo vendor saja. Solusi memperbaiki bootloop ini dengan Factory Reset dengan cara masuk ke Recovery Mode atau melakukan Flash Software ulang melalui perangkat komputer. Untuk cara resetnya bisa lihat disini :
http://trikterkini.blogspot.com/2014/07/cara-reset-ponsel-tablet-android.html

4. Brick
Permasalahan Error Android Brick ini memiliki tingkatan yang cukup rumit karena umumnya perangkat mati dan tidak menunjukkan kehidupan. Seperti Bootloop, Brick juga memiliki tingkatan kerusakan, diantaranya adalah :
- Soft Brick, yang ditandai dengan perangkat mati namun indikator baterai menyala saat di Charge,
- Hard Brick, yang mati total karena kerusakan pada Hardware.
Untuk soft Brick, biasanya bisa diselesaikan dengan melakukan Flash ulang, namun Android Error Hard Brick, Anda tidak bisa menyelesaikannya sendiri dan butuh bantuan teknisi.

Dengan mengetahui masalah yang umumnya menimpa perangkat Android, diharapkan Anda bisa memperbaikinya sendiri sebelum membawanya ke teknisi yang akan membutuhkan biaya untuk perbaikan error Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar