20 Teknik Bermain Gitar

Teknik Gitar
20 Teknik Bermain Gitar baik itu elektrik maupun akustik. Teori dan teknik bisa dibilang penting atau tidak penting. Karena terkadang gitaris sukses pun berasal dari feeling dan insting yang digunakan dalam memainkan gitar.

Teknik dibutuhkan sebagai wacana untuk memperluas pengetahuan dan bila praktek dilakukan akan lebih mahir juga dalam bermain gitar. Tapi alangkah baiknya kita mempelajari 20 Teknik Bermain Gitar ini. Apalagi jika ingin belajar membaca tabulatur gitar, istilah-istilah dalam teknik gitar ini akan sering kali muncul.

20 Teknik Bermain Gitar

1. Picking
Teknik dimana gitaris mengayunkan pick dari atas kebawah , dari bawah ke atas , atau petikan lainya yang menghasilkan suara yang berbeda , walaupun tetap pada titik yang sama.
- Down Stroke            : Petikan dari arah atas ke bawah
- Up Stroke                 : Petikan dari arah bawah ke atas
- Alternative Picking   : Petikan acak atau tidak teratur urutannya
- Sweep Picking         : Petikan sapuan dari atas kebawah atau sebaliknya
- Multing (Deep)         : Petikan yang diredam bunyinya dengan tangan kanan
- Feedback Picking    : Petikan yang memberi aksen melengking

2. Slur
Teknik slur ini di bagi menjadi 2 yaitu : Hammer-On (ascending slur) dan Pull-Off (descending slur).
- Hammer-On : Teknik dengan menggunakan 2 jari tangan kiri kemudian memetik senar gitar dengan cara mengetuk (hammer/palu) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.
- Pull-Off : Teknik dengan menggunakan 2 jari tangan kiri kemudian memetik senar gitar dengan cara mengetuk pull (mencongkel) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.sementara not Pertama masih berbunyi.

3. Legato
Legato merupakan teknik gabungan slur dari beberapa nada (biasanya dari nada tinggi ke rendah) yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan.

4. Bending
Teknik ini pada dasarnya adalah meninggikan bunyi nada dengan cara di gerakan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari.Ada 3 macam teknik Bending, yaitu:
 - Natural Bending
Senar ditekan dengan not yang dikehendaki, lalu jari tersebut digerakan keatas atau kebawah sehingga   bunyi yang dihasilkan lebih tinggi dari bunyi not semula. Untuk senar 1(E), 2(B) dan 3(G) bending dimainkan keatas, sedangkan senar 4(D), 5(A) dan 6(E) dimainkan ke bawah.
- Release Bending
Bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik sehingga belum menghasilkan suara, setelah senar digerakkan ke atas kemudian senar tersebut dipetik dan dikembalikan ke not asal tanpa dipetik kembali.
- Unision Bending
Senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari 2 not, di-bending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan secara bersamaan. 
    
5. Slide
Teknik menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur Ascending slide dan Descending slide.
- Ascending Slide
Slide dari fret rendah ke fret tinggi
- Descending Slide
Dari tinggi ke rendah

6. Harmonic
Teknik yang dilakukan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan teknik sentuhan jari.
- Left Hand Harmonic
Harmonik dengan tangan kiri pada senar dalam keadaan los atau tidak ditekan, bunyinya akan maksimal ketika digunakan pada fret-fret yang ada tanda atau titiknya.
- Right Hand Harmonic
Harmonik tangan kanan,dimana tangan kiri lebih dulu menekan nada yang akan di harmonik,Sama dengan left hand harmonic,tangan kanan disini juga tidak menekan senar, tetapi cukup menyentuh atau malah memukul senar saja.

7. Tapping
Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.

8. String Skipping
Teknik yang di mainkan dengan cara melewati (melangkahi) 1 senar atau skip senar.

9. Sweep Picking
Teknik yang di mainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan di gunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping.

10. Arpegio
Teknik memetik senar degan cara memecah nada dari sebuah chord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) . Paling sering di aplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio". 

11. Ascending
Permainan bergerak dari nada rendah ke nada tinggi.

12. Descending
Kebalikan dari ascending, yaitu permainan bergerak dari nada tinggi ke nada rendah.

13. Barre
Satu jari yan menekan beberapa senar atau fret sekaligus.

14. Chicken picking / hybrid picking
Teknik petikan denga menggunakan pick dan jari. biasanya sering di pakai oleh musisi country.

15. Five not per string
Lima not tiap senar.

16. Passing note
Nada yang berfungsi sebagai penghubung.

17. Range
Rentang atau jangkauan nada.

18. VibratoVibrato berasal dari kata vibra yang mengartikan "getaran" .Tehnik membunyikan not dengan cara menekan kearah atas dan kebawah dalam tempo teratur sehingga menghasilkan nada berayun yang teratur, tehnik ini lebih ditempatkan pada not-not yang panjang.

19. Stretching
Gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin.

20. Damp
Teknik membunyikan not dengan cara menahan nada yang akan keluar pada gitar. Nada yang dihasilkan tidak terlepas melainkan tertahan hingga menghasilkan bunyi yang tertekan. Pada aliran aliran musik jaman sekarang dap seringkali digabungkan dengan pelepasan chord sehingga menghasilkan harmonik yang unik.

7 komentar:

  1. salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Triplet itu masuk di teknik apa ya?

    BalasHapus
  3. https://www.kaskus.co.id/@Huruftimbul23/?ref=header&med=profile_menu

    BalasHapus
  4. https://www.instagram.com/blowerindustri01/
    https://twitter.com/BloweriIndustri
    https://id.pinterest.com/blowertangerang1213/_saved/

    BalasHapus