Tips Membeli Handphone Android China

Handphone Android China
Saat ini handphone Android China telah melakukan ekspansi pada pasar handphone di Indonesia dan tengah berusaha untuk menarik perhatian pembeli menengah ke bawah dengan menawarkan harga murah.

Berikut ini ada beberapa Tips Membeli Handphone Android China untuk membantu anda dalam memilih ketika membeli handphone maupun Tablet Android China.

Tips Membeli Handphone Android China

Harga terbaik
Biasanya, dibalik harganya yang murah, ongkos pembuatan handphone dan tablet tersebut telah ditekan sedemikian rupa sehingga kadang kualitas tidak didahulukan. Handphone China juga kadang menawarkan beberapa fitur yang bisa diandalkan. Tapi kadang layanan servis yang ditawarkan pada pelanggan tidak memuaskan. Mulai dari proses pengerjaan yang lama hingga teknisi yang kurang berkualitas. Jika hal ini bisa diatasi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa handphone Android China akan merajai pasar handphone Android lokal.

Konektivitas
Kelebihan : Ketika didasarkan pada chipset MediaTek, handphone Android China akan tertinggal jauh dari beberapa merk terkemuka ketika datang pada standar jaringan konektivitas. Pada kenyataannya, kebanyakan handphone Android China mampu menjalankan konektivitas WCDMA sejak tahun 2009. Tentu saja, ada masalah yang tak terbantahkan dari ketergantungan China pada jaringan 4G LTE TDD, bukan standar FDD-LTE yang digunakan di seluruh dunia.

Chip modern seperti Qualcomm Snapdragon 800 mendukung keduanya, meskipun handphone Android China mungkin memerlukan pembaharuan perangkat. Dalam setiap kasus, ada dua hal yang harus anda pedulikan. Pertama, jaringan 3G HSPA standar bisa melesat hingga kecepatan 42.2Mbit/s, dan kedua, produsen China seperti ZTE, Lenovo dan Meizu telah mengumumkan rencana untuk memasuki pasar yang menggunakan 4G LTE.

Kekurangan : meskipun di tanah air sendiri masih belum ditemukan jaringan 4G dan masih percobaan di daerah Jabodetabek, tentu anda tidak bisa merasakan kecepatannya menggunakan handphone Android China. Mengaktifkan dukungan 4G LTE tidak sesederhana mendorong pembaharuan perangkat lunak, ini juga memerlukan izin dari pemerintah setempat atau juga sertifikasi jika dibutuhkan dan produsen handphone Android China harus berusaha lebih keras lagi untuk ini. Mengapa anda membayar uang tambahan untuk 4G LTE pada paket data anda ketika smartphone anda tidak mendukung fitur ini? bahkan beberapa handphone Android China tidak mendukung 3G WCDMA band untuk negara-negara di luar China.

Desain
Kelebihan : Seperti yang anda ketahui, handphone Android China selalu meniru desain dari perangkat lain. Bahkan, jika ada handphone Android China semakin menetapkan standar dalam hal tertentu. Handphone seperti Oppo N1, Vivo Xplay 3S, Gionee Elife E7, Meizu MX3, dan bahkan Oppo Find 5 adalah bukti nyata desain pembeda.

Kekurangan : Dengan kurangnya keberagaman dalam hal desain pada handphone Android China, maka sangat mudah ditemukan desain yang sama dan terlihat memiliki kualitas yang meragukan. Fakta bahwa adanya klon dari perangkat kenamaan di negara-negara berkembang merupakan hal yang tidak dibenarkan karena mencuri desain.

Kamera
Kelebihan : Produsen handphone Android China saat ini telah meningkatkan kemampuan kameranya yang bisa disandingkan dengan beberapa merk lainnya. Berapa handphone Android China seperti Gionee Elife E7, Xiaomi Mi3, dan Nubia Z5Sn anda dilengkapi dengan beberapa teknologi yang cukup mengagumkan. Fitur OIS, video capture 4K, slow-mo dan seterusnya juga sudah bisa anda temukan di dalam Nubia Z5Sn.

Kekurangan : Kamera smartphone telah meningkat begitu cepat, hampir menyamai dengan kamera point-and-shoot. Kemampuan ini datang berkat sensor kamera dari Sony, OmniVision dan lain-lain, tapi ada lebih banyak persamaan daripada hanya sensor. Dengan kemampuannya ini dapat dikatakan bahwa produsen China tidak memiliki sumber daya dan tim yang akan membangun kamera sekuat ini, tanpa peran teknologi dari vendor lain.

Semua handphone ada kelebihan dan kekurangannya baik itu produksi China atau pun bukan. Sekarang pilihan berada di tangan anda. Handphone manakah yang paling anda inginkan?

1 komentar: